Video Gempa Cilacap

Video Gempa Cilacap. Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 skala richter mengguncang Cilacap dini hari tadi pukul 3.06 WIB. Getaran gempa tersebut sempat membuat masyarakat panik dan mengungsi. Satu orang korban dilaporkan tewas di pengungsian akibat terkejut dengan adanya gempa.

Dalam tayangan videonya terlihat warga langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri menunju Bandar Udara Tunggul wulung. Warga Kota Cilacap dan sekitarnya umumnya mengungsi ke arah Jeruklegi (halaman Bandara Tunggul Wulung). Bandara Tunggul Wulung terletak di sebelah barat Kota Cilacap. Bandara dengan panjang landas pacu 2.300 meter itu sempat dimiliki oleh Pertamina UP-IV Cilacap

Sementara, warga wilayah timur Cilacap (Adipala, Nusawungu, Binangun) umumnya mengungsi ke arah Banyumas yang tanahnya lebih tinggi dan berpegunungan.

Gempa Bumi di Cilacap tersebut diduga akibat proses relaksasi yang diikuti post seismik deformasi gempa sebelumnya. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT. Gempa sempat diinformasikan berpontensi menimbulkan tsunami, namun peringatan tersebut akhirnya dicabut oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) pada pukul 4.40 WIB.

Pengamat gempa ITB Irwan Meilano mengatakan bahwa gempa yang terjadi di Cilacap berkaitan dengan gempa Pangandaran tahun 2006. Gempa Cilacap terjadi di lokasi yang sangat dekat dengan gempa Pangandaran tersebut. 

Pasca diguncang gempa yang diduga berpotensi tsunami dinihari tadi, warga Cilacap, Jawa Tengah kini kembali tenang, pasalnya pihak BMKG sudah mencabut peringatan tsunami 1 jam setelah gempa. Sebagian warga Cilacap sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Tak pelak arus balik warga membuat beberapa luas jalan di kawasan Lapangan Terbang Tunggul Wulung, Cilacap macet. 

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap masih mendata adanya kerusakan dan korban akibat guncangan gempa itu. 

PT Pertamina (Persero) memastikan gempa yang terjadi di Cilacap pada dini hari tadi, tidak mengganggu proses pemadaman kebakaran pertamina Cilacap.

Dan inilah Video Gempa Cilacap :


1 comments:

Yosh 7og4nk said...

Nice Blog artikelnya sangat bermanfaat semoga tambah suksess kedepannya amin. Salam kenal dari blogger amatiran Pulau Lombok, semoga terjalin hubungan yang baik di antara kita kawan.

Related post