Gempa Cilacap 26 April 2011

Gempa Cilacap 26 April 2011. Gempa 6,3 Skala Richter kembali mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pukul 13.39.33 WIB. Dalam waktu kurang dari 1 jam, Cilacap, Jawa Tengah, digoyang dua kali gempa bumi. Gempa kedua berkekuatan 5,0 Skala Richter dab terjadi pada pukul 14.24 WIB.

Meski tidak ada kerusakan dan tidak berpotensi tsunami, namun gempa ini dirasakan di banyak kota di Jatim, Jateng, Jabar, dan Jakarta. Hal ini karena gempa cukup dalam dan cukup kuat.

Gempa Cilacap tersebut berlokasi di 8,60 derajat lintang selatan dan 108.36 derajat bujur timur atau 120 kilometer barat daya Cilacap. Meskipun tidak berlangsung lama, namun ada beberapa warga yang khawatir sehinga berhamburan keluar dari gedung.

Tampaknya warga Cilacap sudah trauma dengan gempa yang terjadi di daerahnya. Sebelumnya Cilacap juga pernah terjadi gempa pada Senin (4/4) lalu. Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter tersebut saat itu dinyatakan berpotensi tsunami, tapi kemudian dicabut karena tidak ada tsunami.

Kini Gempa Cilacap kembali terjadi (26/4/2011), Gempa Cilacap tersebut juga dirasakan di Ciamis berselang beberapa menit kemudian. Guncangan tersebut terasa sangat besar dan membuat sejumlah lampu warga bergoyang sehingga membuat kepanikan warga Ciamis, Jawa Barat. Meski letak gempa berada di laut, namun gempa yang terasa di Ciamis sangat besar.

Selain getaran gempa tersebut dirasakan di Ciamis juga dirasakan di Tasikmalaya, Bandung, Sukabumi, bahkan hingga Jakarta. Namun sejauh ini belum ada laporan apakah ada korban atau kerusakan.

0 comments:

Related post