Begitu banyak mobil yang diluncurkan tiap tahun memiliki banderol harga yang berbeda dengan model tahun sebelumnya. Pengalaman selama ini menunjukkan, model tahun terbaru jauh lebih mahal ketimbang tahun sebelumnya. Namun, hal itu tidak mutlak selalu terjadi, karena bisa saja terjadi sebaliknya.
Lantas mobil model 2010 apa saja yang menjadi mobil termahal di dunia? Laman carsandreviews.com, akhir pekan lalu mengumumkan, hingga akhir Oktober dan berdasar harga jual off the road di negeri asalnya, Koenigsegg Trevita 2010 merupakan mobil termahal sejagad.
Mobil Swedia itu dibanderol US$ 2,21 juta atau sekitar Rp 19,98 miliar. "Mobil ini dilengkapi dengan Koenigsegg bodywork yang ditaburi berlian, perangkat hiburan tercanggih, instrument cluster chrono, hingga kantung udara dan peranti pemantau ban khusus," sebut laman itu.
Siaran pers Koenigsegg menyebut, mobil ini dibekali mesin 4.700 cc dan dilengkapi twin supercharger, serta berbahan bakar biofuel. Tenaga yang disemburkan mesin diklaim mencapai 1.004 daya kuda pada 7.200 rpm dan torsi 782 lb-ft pada 6.100 rpm.
Di urutan berikutnya terdapat Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport yang dibanderol US$ 2 juta atau sekitar Rp 18 miliar. Mobil ini dibekali mesin 8.000 cc yang bertenaga 1.001 daya kuda. Torsi maksimumnya mencapai 1.200 Newton meter.
Tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda dengan transmisi dual clutch direct shift otomatis dengan tujuh tingkat percepatan.
Menariknya, perpindahan dari satu gigi ke gigi lainnya berlangsung sangat cepat, tak lebih dari 150 milidetik.
Berbekal mesin itu, Bugatti Veyron itu mampu melesat hingga 430 kpj. Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 2,7 detik.
Roadster asal Italia, Pagani Zonda Cinque 2010 berada di urutan ketiga dengan banderol US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 16,2 miliar. Mobil ini menyandang mesin V12 dari Mercedes AMG yang bertenaga 678 daya kuda.
Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 3,4 detik dan kecepatan maksimum yang mampu dicapai, 347 kpj.
"Selain memiliki desain dan fitur mewah dengan dukungan teknologi canggih, serta kecepatan yang super, diantara mobil tersebut juga diproduksi dalam jumlah terbatas," tulis laman itu.
Koenigsegg CCX misalnya. Mobil bermesin V8 yang mampu melesat hingga 392 kpj itu hanya diproduksi 806 unit. Selain di pasarkan di wilayah Eropa, mobil yang mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dalam tempo 3,2 detik itu juga dijajakan di beberapa negara di luar Eropa.
Secara lengkap, urutan 10 mobil termahal di dunia hingga Oktober lalu adalah :
1. Koenigsegg Trevita US$ 2,21 juta (Rp 19,98 miliar)
2. Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport US$ 2 juta (Rp 18 miliar)
3. Roadster Pagani Zonda Cinque US$ 1,8 juta (Rp 16,2 miliar)
4. Roadster Lamborghini Reventon US$1,56 juta (Rp 14,04 miliar)
5. Lamborghini Reventon US$ 1,42 juta (Rp 12,78 miliar)
6. Maybach Landaulet US$ 1,4 juta (Rp 12,6 miliar)
7. Koenigsegg CCXR US$ 1,3 juta (Rp 11,7 miliar)
8. Koenigsegg CCX US$ 1,1 juta (Rp 9,9 miliar)
9. Leblanc Mirabeau US$ 765 ribu (Rp 6,88 miliar)
10. SSC Ultimate Aero US$ 740 ribu (Rp 6,66 miliar)
Lantas mobil model 2010 apa saja yang menjadi mobil termahal di dunia? Laman carsandreviews.com, akhir pekan lalu mengumumkan, hingga akhir Oktober dan berdasar harga jual off the road di negeri asalnya, Koenigsegg Trevita 2010 merupakan mobil termahal sejagad.
Mobil Swedia itu dibanderol US$ 2,21 juta atau sekitar Rp 19,98 miliar. "Mobil ini dilengkapi dengan Koenigsegg bodywork yang ditaburi berlian, perangkat hiburan tercanggih, instrument cluster chrono, hingga kantung udara dan peranti pemantau ban khusus," sebut laman itu.
Siaran pers Koenigsegg menyebut, mobil ini dibekali mesin 4.700 cc dan dilengkapi twin supercharger, serta berbahan bakar biofuel. Tenaga yang disemburkan mesin diklaim mencapai 1.004 daya kuda pada 7.200 rpm dan torsi 782 lb-ft pada 6.100 rpm.
Di urutan berikutnya terdapat Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport yang dibanderol US$ 2 juta atau sekitar Rp 18 miliar. Mobil ini dibekali mesin 8.000 cc yang bertenaga 1.001 daya kuda. Torsi maksimumnya mencapai 1.200 Newton meter.
Tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda dengan transmisi dual clutch direct shift otomatis dengan tujuh tingkat percepatan.
Menariknya, perpindahan dari satu gigi ke gigi lainnya berlangsung sangat cepat, tak lebih dari 150 milidetik.
Berbekal mesin itu, Bugatti Veyron itu mampu melesat hingga 430 kpj. Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 2,7 detik.
Roadster asal Italia, Pagani Zonda Cinque 2010 berada di urutan ketiga dengan banderol US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 16,2 miliar. Mobil ini menyandang mesin V12 dari Mercedes AMG yang bertenaga 678 daya kuda.
Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 3,4 detik dan kecepatan maksimum yang mampu dicapai, 347 kpj.
"Selain memiliki desain dan fitur mewah dengan dukungan teknologi canggih, serta kecepatan yang super, diantara mobil tersebut juga diproduksi dalam jumlah terbatas," tulis laman itu.
Koenigsegg CCX misalnya. Mobil bermesin V8 yang mampu melesat hingga 392 kpj itu hanya diproduksi 806 unit. Selain di pasarkan di wilayah Eropa, mobil yang mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dalam tempo 3,2 detik itu juga dijajakan di beberapa negara di luar Eropa.
Secara lengkap, urutan 10 mobil termahal di dunia hingga Oktober lalu adalah :
1. Koenigsegg Trevita US$ 2,21 juta (Rp 19,98 miliar)
2. Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport US$ 2 juta (Rp 18 miliar)
3. Roadster Pagani Zonda Cinque US$ 1,8 juta (Rp 16,2 miliar)
4. Roadster Lamborghini Reventon US$1,56 juta (Rp 14,04 miliar)
5. Lamborghini Reventon US$ 1,42 juta (Rp 12,78 miliar)
6. Maybach Landaulet US$ 1,4 juta (Rp 12,6 miliar)
7. Koenigsegg CCXR US$ 1,3 juta (Rp 11,7 miliar)
8. Koenigsegg CCX US$ 1,1 juta (Rp 9,9 miliar)
9. Leblanc Mirabeau US$ 765 ribu (Rp 6,88 miliar)
10. SSC Ultimate Aero US$ 740 ribu (Rp 6,66 miliar)
0 comments:
Post a Comment