Foto Mubarak Mundur

Foto Mubarak Mundur Presiden Mesir Hosni Mubarak akhirnya mundur dari kekuasaannya. Hal pengunduran diri Mubarak diumumkan oleh Wapres Omar Suleiman. Pengumuman pengunduran diri Mubarak langsung disambut sorakan, lambaian bendera, dan bunyi klakson warga di seluruh penjuru Mesir, termasuk para demonstran yang sudah 18 hari menggelar aksi di Lapangan Tahrir, Kairo, Mesir.

Sikap Mubarak cukup mengejutkan karena beberapa jam sebelum ini dia telah menegaskan tidak akan memenuhi tuntutan demonstran. “Setelah mempertimbangkan sulitnya kondisi negara saat ini, Presiden Hosni Mubarak memutuskan meninggalkan posisinya sebagai presiden negara ini dan menugaskan Mahkamah Tinggi Angkatan Bersenjata untuk mengatur urusan negara,”ujar Suleiman. Kepada Reuters,sumber militer menyatakan, Menteri Pertahanan Mohamed Hussein Tantawi telah ditunjuk sebagai kepala Mahkamah Tinggi Militer yang akan mengambil alih kuasa Mesir setelah Mubarak mundur

Uni Eropa langsung menyambut keputusan pengunduran diri Mubarak dengan menyatakan pria yang berkuasa dari 1981 itu telah mendengarkan suara rakyat dan membuka jalan bagi reformasi.

Di Tunis, ibu kota Tunisia, warga juga turun ke jalan,bersorak dan membunyikan klakson. Mubarak mundur hanya empat pekan setelah pemimpin Tunisia, Zine el Abidine ben Ali, terguling oleh revolusi rakyat. 

Di Beirut, warga memadati jalan-jalan dan memasang kembang api tanda sukacita. Di beberapa tempat di Lebanon Selatan dan Beirut Selatan terdengar suara tembakan ke udara, sebuah tanda kegembiraan bagi para militan Syiah.

Di Jalur Gaza, ribuan orang yang kebanyakan adalah anggota Hamas turun kejalan bersukacita. Mereka menembakkan peluru ke udara dan para wanita terlihat membagikan permen-permen di jalan.

Dalam 24 jam terakhir telah terjadi perubahan signifikan dan cepat dalam dunia politik di Mesir setelah pria berusia 82 tahun yang telah 30 tahun berkuasa itu menegaskan tekadnya untuk tetap bertahan sebagai kepala negara Negeri Piramida itu hingga pemilu September mendatang. Dalam pidato Kamis malam lalu Mubarak menyatakan akan menyerahkan tanggung jawab tugas negara kepada Suleiman, tapi dia tidak akan mundur sebagai presiden.

Pidato itu telah membuat banyak demonstran kecewa. Sebelum pidato itu disampaikan, telah beredar luas rumor bahwa Mubarak akan mundur pada Kamis itu.Bahkan kabar itu secara implisit telah dikuatkan oleh beberapa petinggi negara, termasuk militer dan Ketua Partai Demokratik Nasional (NDP) Hossam Badrawi yang tadi malam menyatakan mengundurkan diri.

Sesaat sebelum mundur, Mubarak dan keluarganya meninggalkan Kairo dari sebuah pangkalan militer dan menuju resor Sharm el- Sheikh, Laut Merah. Laporan awalnya berdasar laporan televisi Al-Arabiya itu muncul kemarin, di tengah kemarahan demonstran yang tidak jua melihat Mubarak mundur dari jabatannya. 

Juru Bicara Partai Demokratik Nasional (NDP) Mohammed Abdellah yang dikonfirmasi membenarkan pemimpin yang sudah berkuasa selama 30 tahun itu sekarang berada di Sharm el-Sheikh. Presiden Mubarak memang sering menghabiskan waktunya di Sharm el-Sheikh, tempat tetirah yang sangat terkenal di Laut Merah.

Berikut Foto Mubarak Mundur :





0 comments:

Related post