Terbaik Di Ballon d'Or 2010

Terbaik Di Ballon d'Or 2010. Ballon d'Or pertama kali dicetuskan oleh Gabriel Hanot dari majalah olah raga France Football sejak 1956, dengan Stanley Matthews dari Blackpool menjadi pemenang pertama. Pemenang penghargaan ini ditentukan oleh voting dari beberapa jurnalis Eropa.

Ada yang spesial dalam penganugerahan Ballon d'Or tahun ini yang berlangsung 11 Januari lalu. Sebab, sejak Juli 2010, penghargaan yang dulunya hanya sebagai penghargaan terbaik Eropa ini sudah dimerjer dengan penghargaan FIFA World Player of the Year. Yang itu berarti, pemegang penghargaan ini adalah pemain terbaik dunia.

Pemain Pria Terbaik 2010, Lionel Messi
.

Kejutan terjadi dalam penghargaan FIFA Ballon d'Or ini, sebab Lionel Messi di sepanjang 2010 ini hanya meyumbangkan gelar domestik saja bagi klubnya. Bahkan, dari segi perolehan gelar, ia seharusnya masih kalah dengan kedua pesaingnya yang merupakan rekan setimnya, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Kedua rekan Messi itu malah lebih sukses dengan gelar juara Piala Dunia 2010 bersama tim nasional Spanyol. Sementara Messi, ia tampil buruk bersama Argentina, bahkan tak sebiji gol pun dapat ia cetak di Piala Dunia lalu.

Namun hasil voting lah yang lebih menentukan, bukan hasil pencapaian gelar bersama tim. Messi sendiri sukses mengumpulkan 22,65% suara. Sementara tempat kedua diduduki sang penentu kemenangan Spanyol di final Piala Dunia, Iniesta dengan raihan suara 17,36%, dan terakhir Xavi, yang lebih difavoritkan harus puas dengan 16,48% suara. Bagi pemain yang Juni nanti genap berusia 24 tahun itu, penghargaan ini adalah yang kedua kalinya, dan lagi ia sukses meraihnya berturut-turut.

Pemain Wanita Terbaik 2010, Marta.

Penghargaan ini adalah yang kelima kalinya secara berturut-turut bagi pesepakbola wanita asal Brasil ini. Di tahun ini, Marta sukses mempecundangi dua pesaingnya asal Jerman, Fatmire Bajramaj dan Birgit Prinz. Hal itu tak lepas dari prestasi gemilangnya mengantarkan Brasil menjadi juara di Piala Copa Amerika Selatan Wanita Ekuador 2010 lalu. Sumbangan 9 golnya semakin mengukuhkan bahwa ia layak meraih penghargaan ini. Gol itu sendiri membuatnya mencetak rekor fantastis, ia sudah mencetak 63 gol dari 60penampilannya bersama tim Samba Wanita.

Pelatih Pria Terbaik 2010, Jose Mourinho.

Sukses membawa Inter Milan meraih treble winners tahun lalu mengantarkan nama Jose Mourinho meraih penghargaan FIFA Men's Football Coach of the Year ini. Kemilau tiga piala The Special One tak mampu ditandingi oleh Vicente Del Bosque yang sukses mengantarkan Spanyol untuk pertama kalinya menjadi juara di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 lalu. Kebanggaan tersendiri bagi Mou, karena di sini ia mampu mempecundangi Josep Guardiola.

FIFA Puskas Award, Hamit Altintop.

Puskas Award adalah penghargaan untuk gol terbaik yang terjadi di 2010 lalu. Spektakuler. Kata itu yang pantas diberikan kepada tendangan gol pembuka Turki di menit ke 26 saat melawan Kazakhstan dalam kualifikasi Piala Eropa 2012 tahun lalu. Tendangan volley first time Hamit Altintop saat menerima umpan dari tendangan sudut yang dikirimkan Emre sukses mengarah keras ke gawang lawan dan membawa Turki menang 3-0.

Beberapa penghargaan lainnya yang diberikan pada kesempatan yang sama:

Pelatih Wanita Terbaik 2010, Sivia Neid (pelatih Timnas Wanita Jerman)
FIFA Presidential Award, Archbishop Desmond Tutu (Afrika Selatan)
FIFA Fair Play Award, Timnas Wanita Haiti U-17

Selain beberapa penghargaan itu, FIFA dalam kesempatan itu juga mengumumkan 11 pemain terbaik 2010 pilihan mereka. Sebelas nama berhasil mereka kumpulkan dalam FIFA/FIFPro World XI. Berikut beberapa pemain pilihan FIFA tersebut ;

Penjaga Gawang : Iker Casillas (Real Madrid-Spanyol)
Pemain Belakang : Douglas Maicon (Inter MIlan-Brasil), Gerard Pique (Barcelona-Spanyol), Lucio (Inter Milan-Brasil), Carles Puyol (Barcelona-Spanyol)
Pemain Tengah : Xavi Hernandez (Barcelona-Spanyol), Wesley Sneijder (Inter Milan-Belanda), Andres Iniesta (Barcelona-Spanyol)
Pemain Depan : Cristiano Ronaldo (Real Madrid-Portugal), David Villa (Barcelona-Spanyol), Lionel Messi (Barcelona-Argentina).

Berikut Foto-fotonya :













0 comments:

Related post