Foto Material Merapi Yang Masih Panas

Material Merapi dari luncuran awan panas yang masuk ke Kali Gendol, Sleman, hingga hari kelima sejak letusan besar pada Jumat 5 November lalu masih panas. Timbunan material yang memenuhi sepanjang Kali Gendol masih mengeluarkan asap dan bau belerang yang sangat menyengat.

Dam Plumbon yang menghubungkan Dusun Plumbon Desa Sindumartani dan Dusun Murangan Desa Bimomartani Kecamatan Ngemplak merupakan batas akhir luncuran awan panas yang menerjang Kali Gendol hingga jarak 17 km dari puncak. Timbunan material dari luncuran awan panas Merapi masih membara dan panas. Puluhan pohon yang ada disepanjang Kali Gendol terbakar hingga hangus. Tumpukan kayu yang hangus terbakar terkena awan panas saat ini menumpuk di dekat dam dan masih membara akibat terjangan awan panas pada hari Jumat 5 November lalu.

Kali Gendol hingga jarak 17 km dari puncak sudah penuh dengan material Merapi. Karena Kali Gendol sudah penuh material, jalur utama luncuran awan panas ke arah selatan sudah mirip jalan tol. Dikhawatirkan bila turun hujan lebat akan terjadi banjir lahar di sepanjang aliran sungai ini.




0 comments:

Related post