Foto Kali Code Dikeruk, Warga Panen Pasir

Kali Code, Yogyakarta digeruk untuk menghindari banjir lahar dingin dari erupsi Merapi, seperti terlihat di Kelurahan Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Jumat (12/11). Pasir hasil kerukan ini menjadi berkah bagi warga sekitar.

Kali Code berhulu di Kali Boyong, salah satu kali yang dilalui lahar dingin Merapi. Jika lereng Merapi diguyur hujan, lahar dingin tersebut juga akan mengalir ke Kali Code  Pengerukan Kali Code dimulai sejak pagi hari dan melibatkan alat berat Warga mengumpulkan pasir dari Kali Code, untuk selanjutnya dijual ke toko material. Pasir sebanyak satu pick-up dihargai Rp 50.000. 

Sementara untuk satu truk dihargai Rp 220.000 Tak hanya orang tua, anak-anak dan ibu-ibu juga ikut menambang pasir dengan gerobak kecil Dalam mengumpulkan pasir ini, warga berkelompok. Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang. Masing-masing kelompok mengumpulkan pasir dan menjual ke toko material secara bergiliran.Jumlah pasir yang melimpah di Kali Code menjadi berkah tersendiri bagi warga. Di sisi Kali Code yang lain, masih banyak endapan pasir Merapi yang siap dikeruk.

Dan inilah foto-fotonya :








0 comments:

Related post