Daftar Pimpinan Al Qaeda yang Tertangkap & Terbunuh

Daftar Pimpinan Al Qaeda yang Tertangkap & Terbunuh. Sejak penyerangan terhadap Menara Kembar World Trade Centre (WTC) di New York, Amerika Serikat, September 2001 lalu, AS memburu pihak-pihak yang disinyalir bertanggung jawab atas aksi terorisme itu.

Adalah Al Qaeda yang menjadi sasaran dari AS dan yang bertanggung jawab penuh atas aksi tersebut. Berbagai upaya dilakukan AS untuk memberantas Al Qaeda. Pimpinan-pimpinan Al Qaeda pun di buru untuk ditangkap, ada juga yang terbunuh karena melakukan perlawanan.

Dan puncaknya, pada Minggu 1 Mei kemarin, intelijen AS dalam sebuah operasi intelijen berhasil membunuh Osama Bin Laden, orang nomor satu paling dicari AS, yang juga adalah pimpinan dari Al Qaeda. Kematian Osama Bin Laden pun dirayakan oleh warga AS.

Namun AS tak berhenti sampai disitu saja, siapa pun nanti yang akan menggantikan posisi Osama Bin Laden, ia akan menjadi buruan nomor 1 AS dan mungkin akan bernasib sama dengan Osama.

Berikut Daftar Pimpinan Al Qaeda yang Tertangkap & Terbunuh :

1. Abu Zubaida, pria kelahiran Palestina yang juga tangan kanan Osama bin Laden ditangkap pada 28 Maret 2002 di Pakistan.

2. Abdul Rahim An Nashiri, warga Arab Saudi manajer operasi Al Qaeda di Teluk ditangkap di Uni Emirat Arab pada Oktober 2002.

3. Khaled Sheikh Mohammed, orang ketiga berpengaruh dalam serangan 11 September ditangkap di Pakistan pada 1 Maret 2003.

4. Riduan Isamudin alias Imam Hambali, diyakini sebagai pimpinan Al Qaeda di Asia Tenggara, ditangkap pada 14 Agustus 2003 di Thailand. Hambali juga dituding mengarsiteki serangan bom bunuh diri di Bali 2002.

5. Abdul Aziz Al Muqrin, diyakini sebagai pimpinan Al Qaeda di Arab Saudi, terbunuh di Riyadh pada 18 Juni 2004. Pendahulunya, pria asal Yaman, Khaled Ali Haj, terbunuh 3 bulan sebelumnya.

6. Abu Faraj Al Libbi, orang nomor 3 di Al Qaeda dan pimpinan jariangan Al Qaeda Pakistan dintangkap pada 2 Mei 2005 di Pakistan.

7. Abu Qatada, diyakini sebagai ‘duta’ Al Qaeda di Eropa, ditangkap di Inggris pada 11 Agustus 2005.

8. Fahd Al Joweir pimpinan Al Qaeda di Arab Saudi terbunuh pada 27 Februari 2006 dekat Kota Riyadh. Pendahulunya, Saleh Al Qufi, terbunuh pada Agustus 2005.

9. Abu Mussab Al zarkawi, pimpinan Al Qaeda di Irak terbunuh dalam serangan udara pasukan Amerika Serikat di utara Baghdad pada 7 Juni 2006.

10. Omar Al Farouk, diduga pimpinan Al Qaeda di Asia Tenggara terbunuh dalam serangan tentara Inggris di Basra, selatan Irak pada 25 September 2006.

11. Abu Laith Al Libi, komandan Al Qaeda di Afghanistan, terbunuh dalam serangan misil AS di Pakistan pada 29 Januari 2008.

12. Abu Omar Al Baghdadi, diduga pimpinan Al Qaeda Irak beserta staf militernya, Mustafa Al Masri, tewas dalam serangan pasukan AS di sebelah utara Baghdad, Irak, pada 18 April 2010.

13. Mustafa Al Yazid, pimpinan ketiga Al Qaeda dan kepala operasi di Afghanistan terbunuh pada 1 Juni 2010.

14. Osama bin Laden terbunuh dalam serangan AS di Kota Abbottabad, Pakistan pada 1 Mei 2011.

0 comments:

Related post