Kongres PSSI 29 April 2011

Kongres PSSI. Setelah FIFA turun tangan dalam persoalan pemilihan ketua umum PSSI yang berliku-liku, akhirnya pihak PSSI memutuskan untuk mengadakan kongres pemilihan ketua umum PSSI periode 2011-2015 pada tanggal 29 april 2011.

FIFA mengirim surat kepada PSSI pada tanggal 3 Maret lalu, Dalam suratnya, FIFA mewajibkan PSSI menggelar dua kongres sebagai bagian dari proses pemilihan ketua umum baru. Kongres pertama untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding harus digelar paling lambat 26 Maret, sementara pemilihan ketua umum baru ditenggat sampai 30 April.

Sekretaris PSSI, Nugraha Besoes mengatakan bahwa konggres diadakan tanggal 29 maret 2011, namun belum menentukan lokasi untuk kongres PSSI tersebut. Dalam kongres PSSI tersebut nantinya juga mengundang FIFA dan AFC untuk mengirim perwakilannya.

Berikut tahapan-tahapan tersebut sebagaimana dijabarkan Sekjen PSSI, Nugraha Besoes dalam jumpa pers, Kamis (10/3/2011) sore WIB :
=> 7 - 19 Maret. Paniti Perumus menyusun draft Peraturan Organisasi (PO) yang akan digunakan pada Kongres tanggal 26 Maret. Setelah dirumuskan, draft tersebut akan dikirim ke FIFA untuk diverifikasi apakah sesuai dengan Standard Electoral Code, Standard Statuta FIFA dan PSSI.

=> 19 Maret. Peraturan Organisasi tersebut didistribusikan kepada anggota PSSI pemilik hak suara.

=> 19-23 Maret. Pemilik suara (pengprov dan klub) mengajukan nama yang akan dimasukkan dalam pencalonan anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding.

=> 23 Maret. Nama-nama yang diajukan untuk masuk dalam pencalonan Komite Pemilihan dan Komite Banding akan diumumkan. Di hari ini juga akan diumumkan tata cara pemilihan anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding untuk kongres tanggal 26 Maret

=> 26 Maret. Kongres untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding dengan mengadopsi electoral code berdasarkan standar electoral code FIFA. Komite pemilihan terdiri dari tujuh orang sementara komite banding terdiri dari lima orang (3 anggota tetap dan dua anggota pengganti). Komite Pemilihan dan Komite Banding ini yang bertugas menggelar kongres pemilihan ketua umum PSSI di tanggal 29 April.

=> 29 Maret. Pemilik suara akan diberikan kertas suara untuk mengajukan nama yang akan dimajukan dalam bursa pemilihan calon ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco.

=> 6 April. Calon-calon yang sudah diajukan dan didaftarkan pemilik suara akan diumumkan.

=> 6-12 April. Proses verifikasi para calon yang diajukan.

=> 12 April. Pengumuman nama-nama yang lolos verifikasi.

=> 13-15 April. Kesempatan bagi yang tak lolos verifikasi untuk mengajukan banding.

=> 19 April. Komite Banding mengumumkan keputusan diterima/ditolaknya banding.

=> 20 April. Pengumuman final nama calon-calon yang akan diusulkan dalam kongres.

=> 29 April. Kongres Pemilihan Pengurus PSSI Periode 2011-2015

0 comments:

Related post