Profil James Zaidan Saragih

Profil James Zaidan Saragih. James Zaidan Saragih adalah pemain berdarah Batak yang memiliki paspor Amerika Serikat. James Zaidan Saragih, rela melepas statusnya sebagai warga AS demi membela timnas Indonesia. Untuk mengenal sosoknya lebih dekat serta prestasinya, berikut ini kami sajikan secara lengkap.


Profil Pemain:

Nama : James Zaidan Saragih
Tempat/Tanggal Lahir: New York, AS, 23 Mar 1991 (Usia 19)
Warganegara: AS
Tinggi/Berat: 180 cm/81 Kg.
Orangtua : Nazaruddin Saragih (Ayah)/ Artita (Ibu)
Posisi : Gelandang
Nomor Punggung : 10
Klub : New York Cosmos
Karir Sepak Bola :
- Academy New York Greek American Atlas
- ODP (Olympic Development Program), New york

Pengalaman Turnamen:

- The Score Tournaments,
- Dallas Cup,
- Las Vegas Mayor’s Cup,
- Zadar International Tournament di Kroasia 2005,
- Thessaloniki’s International Tournament di Yunani 2006.

James Zaidan Saragih pun ikut menjadi salah satu peserta seleksi timnas U-23 proyeksi Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011 di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat. Meski belum ada kepastian masuknya pemain kelahiran New York, 19 tahun silam itu, tapi peluang anak pasangan Nazaruddin Saragih dan Artita tersebut cukup terbuka.
  
Setidaknya, jika melihat kemampuannya selama dua tahun menekuni ODP (Olympic Development Program), sebuah program pengembangan remaja-remaja berbakat di Amerika Serikat yang bertujuan menjaring atlet untuk dipersiapkan tampil di Olimpiade. Selain menekuni ODP, James Zaidan Saragih mengikuti berbagai turnamen domestik maupun internasional khusus remaja.
  
Beberapa di antaranya adalah The Score Tournaments, Dallas Cup, Las Vegas Mayor's Cup, dan Zadar International Tournament di Kroasia pada 2005. Setahun kemudian Thessaloniki's International Tournament di Yunani. Pengagum Wesley Sneijder ini juga merupakan salah satu pencetak gol terbanyak di ODP, dan sukses membantu timnya juara Region 1.
  
Berposisi sebagai gelandang serang, James Zaidan Saragih sebenarnya pernah mengikuti seleksi Persebaya U-21 pada Maret 2010. Namun dia terkendala masalah administrasi karena statusnya yang bukan WNI.
  
Setelah dua bulan berlatih di Surabaya, dia pun kembali ke New York. Selasa (4/1) lalu, James Zaidan Saragih datang lagi ke Indonesia demi mengikuti seleksi timnas U-23.
  
Masih kata pesepakbola yang saat ini terdaftar sebagai pemain New York Cosmos itu, dirinya sangat ingin membela tim Garuda Merah Putih. Maka dia pun memastikan sangat bersedia menanggalkan kewarganegaraan AS yang disandangnya saat ini dan memilih Indonesia, yang merupakan tanah kelahiran orangtuanya.
  
Selain James Zaidan Saragih, terdapat empat pemain keturunan yang juga calon naturalisasi, yakni Arthur Irawan dan Andrea, serta Stefano Lilipaly dan Mark van Demaarel. Hanya saja Stefano Lilipaly dan Van Demaarel, asal klub FC Utrecht, Belanda, masih absen karena sedang mengikuti pemusatan latihan di Portugal.

1 comments:

Sohibul mikrat said...

Nice info nya mas...
Keren ni mas...

Related post