Pemalsu Paspor Gayus

Pemalsu Paspor Gayus. Polisi memburu dua buronan berinisial J terkait sindikat pembuatan paspor atas nama Sony Laksono untuk Gayus Tambunan. Kedua buronan itu berbeda warga negara. Satu adalah warga negara Indonesia dan satu lagi warga negara asing. Mister 'J' yang disebut polisi diduga adalah John Jerome, warga Amerika Serikat kelahiran California sebagai otak pemalsu paspor Gayus.

Buronan ini ditangkap di daerah Jakarta Timur di rumahnya di kawasan Utan Kayu. J (WNI) adalah teman lama Aries, warga Pondok Pinang yang juga sudah ditangkap polisi. Aries adalah orang yang mengambil foto Gayus dengan kamera pribadi untuk paspor.  J dan A telah kenal sejak 2007

Aries sendiri bisa mengurusi paspor aspal Gayus melalui perantara AG, teman Gayus semasa SMA. Seluruh pembuatan paspor itu, Gayus diduga menghabiskan US $ 100 ribu atau sekitar Rp 900 juta. Adapun Aries sendiri mendapat bagian Rp 22,5 juta atau US $ 2500.

Seperti diketahui, paspor dengan nama Sony Laksono itu dipakai Gayus ke Macau pada 22 - 24 September 2010. Juga pada pada 30 September - 2 Oktober 2010 ke Kuala Lumpur dan Singapura.
Polisi telah menetapkan Gayus sebagai tersangka dalam perkara pemalsuan dokumen. Terdakwa kasus suap, mafia hukum dan pajak ini dijerat Pasal 263 dan 266 KUHP soal pemalsuan. 

0 comments:

Related post