Gempa Jogja

Gempa Jogja. Terjadi gempa hari ini (21/12) di daerah Wonosari Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam situs BMKG,  Gempa  dengan kekuatan 5,8 skala richter mengguncang Yogyakarta pada pukul 10:59:36 hari ini . Lokasi gempa terletak pada 9.08 LS,111.19 BT atau 140 km arah Tenggara Wonosari DIY, 155 kilometer sebelah barat daya Blitar, Jawa Timur, dan 161 kilometer sebelah tenggara Bantul, Yogyakarta. Gempa terjadi pada kedalaman 16 Km.  

Tak berselang lama, sekitar pukul 11.21 WIB, Gorontalo juga digoyang gempa berkekuatan 5,0 skala Richter. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 143 kilometer di barat daya Gorontalo yang berjarak sekitar 98 kilometer.

Gempa Jogja kali ini juga tidak berpotensi tsunami. Gempa Jogja ini bahkan terasa hingga ke wilayah lain seperti Solo, Klaten dan Sukoharjo Jawa Tengah. Warga sempat panik dengan terjadinya gempa tersebut. Di Jalan MT Haryono misalnya, warga berhamburan keluar karena gempa terjadi agak lama.

Bahkan sejumlah anggota Komisi IX DPR yang melakukan kunjungan kerja pada masa reses ke Balai Kota Yogyakarta berhamburan keluar ruang pertemuan akibat gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya.

Sejumlah anggota Komisi IX DPR tersebut kemudian berkumpul di halaman taman air mancur Balai Kota Yogyakarta menunggu kondisi mereda sambil sesekali menunjuk lampu gantung di teras yang bergoyang cukup kencang.

Sejumlah anggota Komisi IX yang ikut keluar antara lain adalah Ribka Tjiptaning dan Rieke Dyah Pitaloka, bahkan artis tersebut menenteng komputer jinjingnya keluar ruangan saat gempa terjadi dan sempat meneruskan mengetik saat berada di luar ruangan. Setelah kondisi mereda dan guncangan akibat gempa bumi berhenti, seluruh anggota Komisi IX DPR kemudian masuk kembali ke ruangan untuk melanjutkan pertemuan membahas masalah kesehatan dan ketenagakerjaan di Kota Yogyakarta.

Namun demikian, tidak ada kerusakan bangunan di kompleks Balai Kota Yogyakarta akibat gempa bumi tersebut.

2 comments:

mobil keluarga ideal terbaik indonesia said...

tapi ga parah banget kan mas?

Anonymous said...

Hey, I am checking this blog using the phone and this appears to be kind of odd. Thought you'd wish to know. This is a great write-up nevertheless, did not mess that up.

- David

Related post