Aa Gym Cerai

Aa Gym Cerai. Ada kabar yang tidak mengenakkan yang terdengar mengenai kehidupan pernikahan Ustad kondang, Aa Gym. Apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan rumah tangga seorang Aa Gym yang memiliki 2 orang istri ini.

Kabar menyedihkan itu memang sudah berhembus sejak lama. Sejak beberapa bulan lalu, sempat terdengar kabar KH Abdullah Gymnastiar yang sering dipanggil Aa Gym bercerai dengan istri pertamanya, Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih. Kini kabar itu semakin jelas, setelah KH Miftah Faridl membenarkannya.

Begitu mendengar kabar perceraian Aa Gym dengan Teh Ninih beberapa waktu lalu, sebenarnya para wartawan di Bandung mencoba melakukan konfirmasi. Namun, saat itu tak ada orang dekat Aa Gym yang mau bicara mengenai hal itu. Kabar perceraian itu pun hanya menjadi pembicaraan di kalangan terbatas. Bahkan, Aa Gym juga membantah kabar itu dan merasa teraniaya dikabarkan bercerai.

Kamis (30/12/2010) kemarin, informasi Aa Gym dan Teh Ninih bercerai kembali menguat. Namun, lagi-lagi tak ada pihak yang bisa dikonfirmasi. Sampai akhirnya, kawan dekat Aa Gym yang dulu pernah menjadi saksi pernikahan Aa Gym dengan istri keduanya, Alfarini Eridani, yaitu KH Miftah Faridl, membenarkan kabar itu.

Perceraian Aa Gym dengan Teh Ninih ini sudah diberitakan media lokal di Bandung, Galamedia, Jumat (31/12/2010). Di halaman pertamanya, Galamedia Bandung memuat berita perceraian Aa Gym dengan Teh Ninih dengan memuat KH Miftah Faridl sebagai narasumber. Dari berita itu diketahui bahwa perpisahan Aa Gym dengan Teh Ninih ini terjadi untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya sempat cerai dan kembali rujuk.

Menurut Miftah Faridl, Aa Gym telah menjatuhkan talak dua kali dan satu kali rujuk kepada Teh Ninih. "Dengan dua kali talak dan satu kali rujuk, maka jika keduanya ingin rujuk harus dinikahkan kembali. Sebab masa iddahnya juga telah lewat," terang Miftah.

Miftah mengaku mengetahui peristiwa ini dari keduanya (Aa Gym dan Teh Ninih) setelah membaca sebuah majalah wanita yang mengabarkan hal ini. "Saya tahu dari judul sebuah majalah wanita. Langsung saya SMS Teh Ninih, benar tidak kabar (cerai)  tersebut dan Teh Ninih membenarkannya," tuturnya.

Menurut Ketua MUI Kota Bandung ini, Aa Gym pun sudah membenarkan adanya perceraian itu. Kepada Miftah, Aa Gym membeberkan alasan perceraian dengan istri yang mengkaruniainya 7 orang anak itu.

"Kami berbincang melalui telepon. Aa bilang berpisah merupakan solusi terbaik bagi dirinya dan Teh Ninih. Aa juga bilang sudah tidak mampu lagi memberikan nafkah lahir dan batin pada Teh Ninih," terang Miftah.

Sempat mencoba mencari konfirmasi mengenai berita ini lebih kuat kepada keluarga Aa Gym, namun semuanya tutup mulut. Wartawan juga mencoba mendatangi Pesantrean Daarut Tauhid di Bandung saat Jumatan tadi, untuk bertemu Aa Gym. Dalam salat Jumat siang tadi, Aa Gym menjadi khotib. Tapi, Aa Gym tidak mau diganggu.

Melalui Bani, pengurus DKM Daarut Tauhid Bani, Aa Gym menolak memberi keterangan. "Aa Gym untuk sementara ini tidak bisa diganggu. Mungkin ada saatnya nanti beliau ngomong. Tapi kapannya saya nggak tahu pasti, karena itu hak beliau," ujarnya.

Sementara itu kawan dekat Aa Gym, Eka Budiman Sumaji, yang juga merupakan Direktur MQTV, melalui telepon mengaku baru tahu soal kabar ini. "Saya baru mendengar. Saya enggak tahu. Soalnya sekarang saya ini fokus urusi bisnis. Ketemu dengan Aa pun tidak pernah bicarakan soal apa-apa, karena kan Aa sekarang sudah lepas dari bisnis, fokus urusi pesantren," jelasnya.

Sekretaris Pribadi Aa Gym Zakaria Goro, saat dikonfirmasi juga menolak berkomentar. "Saya nggak bisa komentar apa-apa karena saya belum baca beritanya. Lebih baik langsung ke Aa saja, nanti saya pertemukan," ujarnya.

Terakhir mencoba konfirmasi kepada Adik Teh Ninih, Dudung Abdul Ghani yang juga kini menjabat Ketua Yayasan Daarut Tauhid. Namun, Dudung juga tidak berani berkomentar. "Wah jangan dari saya ya, ngerti kan mbak," ujarnya singkat.

Aa Gym menikahi Teh Ninih pada tahun 1987. Pasangan ini dikaruniai tujuh anak, yakni Ghaida Tsuraya, Muhammad Ghazi Al-Ghifari, Ghina Raudhatul Jannah, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghefira Nur Fatimah, Ghaza Muhammad Al-Ghazali, dan Gheriya Rahima.

Pada November 2006, Aa Gym menikahi janda beranak tiga Alfarini Eridani atau akrab disapa Teh Rini. Dari istri keduanya ini, Aa Gym dikaruniai satu orang putra.

Pernikahan Aa Gym dengan Teh Rini saat itu menjadi pemberitaan yang sangat ramai di media. Sebelum menikahi Teh Rini, hubungan Aa Gym dengan Teh Ninih sangat harmonis. Bahkan, saat itu menjadi panutan bagi banyak jamaah. Aa Gym dan Teh Ninih selalu kompak saat menyampaikan materi pengajian. Keduanya pun saat itu menjadi idola keluarga sakinah.

39 comments:

Anonymous said...

kayaknya susah ya aa mengkhotbahi diri sendiri.melawan diri sendiri.kalo Allah mau, semua bisa tersingkap..kita bs belajar dari peristiwa ini.

Anonymous said...

jika beritanya salah, semoga kebenaran segera terungkap. Jika beritanya benar, smoga keluarga Aa & T`Ninih diberikan kesabaran. Mungkin ini ujian buat kluarga Aa & T`Ninih yang telah terjalin lama. Semoga Allah persatukan kembali keluarga Aa & T`Ninih, dan menjadi keluarga yang tetap dipersatukan oleh cinta-NYA di dunia dan akhirat.

salam cinta untuk keluarga Aa&T`Ninih

abdullah said...

Allah memberikan ujian pada hambanya guna untuk mengetahui seberapa besar iman hambaNya kepada penciptanYa. Kita mendengar isu perceraian Aa gym memang terasa berat, tp kita harus tau, segala apa yg dilakukan Aa gym pasti sdh dipikirkan matang2 sama Aa. jdi kita lbh baik husnuzdon saja. mungkin perceraian yg dilakukan mereka lbh baik...semoga Allah memberika jalan yg terbaik untuk mereka....amin....

Rakhmat said...

kalau hanya karena nafkah lahir dan batin kemudian bercerai sungguh ironis. Adil memang sulit....dunia memang kejam dan bisa mengubah segalanya. kalau sudah begini yang jadi korban hanya anak-anak. Kasihan anak-anak yang masih kecil, mereka butuh kasih sayang. Kasihan anak-anak yang juga sudah besar, bisa patah semangat dan broken home....

Rakhmat said...

kalau hanya karena nafkah lahir dan batin kemudian bercerai sungguh ironis. Adil memang sulit....dunia memang kejam dan bisa mengubah segalanya. kalau sudah begini yang jadi korban hanya anak-anak. Kasihan anak-anak yang masih kecil, mereka butuh kasih sayang. Kasihan anak-anak yang juga sudah besar, bisa patah semangat dan broken home....

ahmad said...

moga2 smua yg terbaik

Anonymous said...

bad news is a good news..pernikahan ke 2 dibolehkan, perceraian ke 2 pun dibolehkan..tidak ada yang istimewa..jangan diberitakan secara berlebihan atau dipojokan n dijadikan fokus berita, ini berita buruk bagi keluarga aa gym..keluarga aa gym juga keluarga biasa yang butuh perlakuan biasa, tidak perlu dipublikasikan scr berlebihan..

Anonymous said...

semoga Allah beri kekuatan untuk teh Ninih dan anak-anak

Pungki said...

akhirnya saya hanya bisa untuk sekuat tenaga agar bisa diberi kekuatan untuk bisa menjadi suami yang kuat...
sekelas aa gym saja bisa cerai...
bayangkan ... beliau tu idola Ibu aku...

Atin said...

Tujuan hidup kita, meraih cinta-NYA. Idola kita, Rasulullah Muhammad saw. Aa Gym hanya manusia biasa yang berusaha meraih cinta-Nya dan mengikuti jejak idola kita, Muhammad saw. Dalam perjalanannya, beliau mungkin menghadapi hambatan, kita bantu dan semangati sebagai sesama muslim, bukan menghujat. Tetap fokus bahwa idola kita adalah Rasulullah Muhammad saw, bukan Aa gym. Semoga Allah selalu mempersatukan kita dalam ikatan cinta kepada-NYA.

Anonymous said...

Aa Gym is our idola? That`s a mistake and that mistake is from us not from Aa Gym, as instead of considering the prophet Muhammad as our model, we have indeed adored Aa Gym as our Model.And then Allah has conveyed a practical message to us that we were wrong, we will always realize that the only human model to all of us will be always the Prophet Muhammad (SAW).

ps. sorry I can`t write Indonesian

Anonymous said...

makanya jangan poligami..... lbh bijak mengendalikan diri

Anonymous said...

AA GYM jago ngasih khotbah ini itu.

CUma bisa Ngomong doang.

Ujung-ujungnya napsu lah yang akhirnya berbicara.

hoi AA Gym, di mana letak Komitmen kamu ?

Anonymous said...

bisa dimaklumi kalau kita sedih mdengar kabar ini TAPI kita harus bersikap bijak. Bisa khotbah pd org lain,bagus donk. Lbh bgs lagi kl bisa diterpkan pd diri sendiri, kl gak bisa, ya itu urusan yg bersangkutan dengan Allah. KIta gak usah ikut heboh. Selama ini, kita hanya pengamat, kehidupan intern Aa Gym, kondisi rumah tangga yg sebenarnya bagaimana, hanya keluarga Aa dan Allah yang tau. "Cerai" keputusan yang luar biasa, pasti ada hal yg udah ga bisa dikompromi lagi. Alasannya? Lagi2 masalah intern, kita gak tau "REAL" nya. Jadi teman2, mari kita sikapi dengan tenang, ga usah hujat-menghujat, biar gak ikutan dosa.Allah knows best!

Ony said...

Makanya, AA ga usah sok-sok-an poligami...Adam aja istrinya cuma Hawa doank...mang sebenarnya Tuhan menciptakan manusia dengan hanya satu istri...karena kalo dikasi dua atau lebih, pasti ada aja ga adilnya...
Terbukti, kan? Padahal Teh Ninih udah ngasi 7 anak n setia selama 20 tahun lebih...tapi AA malah g bisa setia sama dia...

Maksudnya mau nyelamatin seorang janda (Teh Rina), malah menghasilkan janda (Teh Ninih)...ckckckck
Ga bisa jadi panutan...

Anonymous said...

Mampus lu Aa Gym, gara2 nafsumu keluargamu brantakan. Poligami ajaran sesat membawa petaka keluarga.

Anonymous said...

temans, sekedar mengingatkan, poligami tertulis di dalam Al Quran, kalimat Allah. Allah perbolehkan poligamimeskipun tetatp dianjurkan satu saja. Jadi, hati2 berekspresi, poligami bukan ajaran sesat. Yang sesat manusianya, bukan ajaran-NYA.

Kayanya "hujat-menghuat" sudah membudaya di Indonesia. Belum puas rasanya kalau blum bilang "rasain lho, tuh kan?...."dan sederet "puas2.." Bukankah ketika kita mendo`a kan kebaikan, malaikat akan meng-amin kan doa yang sama untuk kita? (--hadith--) sebaliknya pun demikian ! So temans, lebih baik kita doa kan kebaikan saja yuks!

Anonymous said...

bilangnya mo menyelamatkan janda. halaaaahhh...ngomong aja mo menyelamatkan nafsu. MUNAFIK!
Surga buat teh ninih.
neraka tu buat aa gym & nafsunya.

Uut said...

Kemarin sedang macet di Bandung, melihat perempuan jalan termenung sendiri di pinggir jalan..kok mirip teh nini ya? eh ternyata benar, dan baru tahu dia baru bercerai dg AA game. ..Ya Allah, kuatkanlah hatinya, kasihan sekali sudah menjadi ibu dari tujuh anak, berjuang antara hidup mati melahirkan dibalas dengan kejam oleh suaminya.. memang bicara dengan perbuatan benar2 bertentangan..semoga ada balasan untuk suami yang kejam seperti itu..

Uut said...

Kemarin sedang macet di Bandung, melihat perempuan jalan termenung sendiri di pinggir jalan..kok mirip teh nini ya? eh ternyata benar, dan baru tahu dia baru bercerai dg AA game. ..Ya Allah, kuatkanlah hatinya, kasihan sekali sudah menjadi ibu dari tujuh anak, berjuang antara hidup mati melahirkan dibalas dengan kejam oleh suaminya.. memang bicara dengan perbuatan benar2 bertentangan..semoga ada balasan untuk suami yang kejam seperti itu..

Anonymous said...

kalo cm soal nafkah lahir batin bnr2 disayangkan,toh dy pny pesantren dan bisnis yg maju,knp aa lbh plh ngurusi 3 anak tirinya ketimbang 7 anak kandungnya??ato jgn2 yg mendesak untuk cerai janda g tau diri yg udh kao selamatkan itu a'?? Ditulung malah mentung.

udinco said...

AA Gym....sebuah pesan buat anda adalah...Sekarang zaman sudah berubah..

Setiap manusia bisa termakan omongan...ada ratusan dakwah anda di berbagai wilayah mengundang ribuan jamaah datang menghadiri. Kharisma anda dibuat sedemikian rupa..meski selama saya lihat temanya statis.

namun yang paling menyedihkan saya adalah ummat sekarang jauh dari pemahaman Islam, banyak yang tidak bisa membaca Al-Qur'an, tak tau Hadist terlebih lagi Membaca Kitab dengan serentetan hukum Ilmu Nahwu yang harus dipelajari.

Kemudian anda hadir sebagai seorang yang bersosok Ulama, Da'i, setelah itu anda menghancurkan harapan mereka dengan bertindak seperti ini.. saya tidak bermaksud menghujat anda akan tetapi

Sudah lelah mendapat pertanyaan dari beberapa teman yang belum memahami ini...

Anda boleh melakukan itu kalau eranya lain dimana ummat didominasi oleh Muslim yang faham dengan Islam.

Anonymous said...

Allah Azawajalla mengetahui kelebihan dan kekurangan hambanya oleh sebab itu sampai hari kiamat hukum poligami tetap ada, suka atau tidak suka, jika kita menentang berarti menentang pembuat syariat yaitu Allah Azawajalla. Jika belum bisa menerima atau melakukannya kata saja saya belum siap itu lebih bijak. Poligami seperti halnya puasa Senin Kamis, Shalat Sunnah sebelum atau sesudah Fardu, hukumnya sunnah namun tidak semua orang sanggup melakukannya namun kita mengakui bahwa amalan - amalan itu ada.

Untuk kasus AA, itu bisa menjadi pelajaran buat kita bahwa kita masih melihat sosok orang sebagai orang yang "HOLY MAN" padahal Habib, Kiayi, Ustad, Ajengan, Syaikh adalah manusia biasa yang pasti ada kesalahan dan yang selalu benar dan layak di jadikan Contoh adalah Rasulullah Muhammad Shalalahu Alaihi Wasalam.

Alhamdulillah, ada hukum poligami dalam ajaran Islam yang tidak ada pada ajaran agama lain. Ini menandakan bahwa agama ini sudah lengkap dan tidak perlu ada tambahan ajaran lagi.

Khair said...

Membangun Keluarga Sakinah ...bukanlah perkara yang mudah, apalagi kalau profesi kita sebagai panutan, tiap-tiap manusia dipastikan tidaklah sempurna, bahkan Nabi Muhammad sendiri ...begitu banyak menemui masalah dengan keluarganya (baca cerita tentang keluarga-isteri nabi), bukanlah Hukum Tuhan yang di hujat....kita pun mungkin tak sebaik beliau, mungkin dari kisah ini ada hikmah yang baik buat kehidupan yang kita jalani.

Anonymous said...

perceraian adalah perbuatan halal tapi dibenci oleh Alloh. Mudah mudah apa yang dilakukan aa gym sudah dipikirkan baik baik. saya cuma bisa mendoakan mudah mudah aa gym dan keluarga selalu dalam ridho Alloh. amin..

Anonymous said...

Yahh ujung2nya selangkangan juga,.

Anonymous said...

Hampir setiap subuh mulai pukul 5.oo s/d 6.00 pagi aq tdk absen mendengarkan tausiahnya di sbh station radio .. tetapai setelah adanya berita dimaksud.. Radio tsb tdk ON AIR lagi...? benarkan ini sebuah bencana.. tmasuk bgi ummat yg selama ini mengidolanya...mohn pihak yg berkompeten segr memberi jawaban dibalik hikmah semua ini.. agar ummat tidk tersesat lebih jauh lagi...

Anonymous said...

Biarkan aja aa gym masih mencari jati diri.Belum puas dgn apa yg Alloh SWT berikan.Merasa kurang dgn 1 istri,(hiper...)hrsnya klo mau beristri lagi gak usah bawa2 agama,nabi tdk seperti itu.Masih banyak ustad2 lain yg bs kita dengar ceramahnya,isi ceramah sama,berasal dari isi Al-quran, siapapun yg menyampaikannya.Gak hrs aa gym.Oleh karena itu, biarlah maunya apa. Dia hanya manusia biasa,banyak kelemahan n EGP (emang gue pikirin)...!!!

Derita Saudara Kita di Benua Hitam said...

banksy_was_here

tunggu hari pembalasan di neraka aa gym!!!!

Pemimpi Bidadari Surga said...

menerapkan syariat dinegara Thogut sungguh menggelikan, apalagi hal sepele seperti poligami. hukumnya halal tapi banyak komnentar2 sok tau ilmu islam menyatakan haram. sungguh terlalu...

Pemimpi Bidadari Surga said...

arrohman

Anonymous said...

Yang mengenaskan pada saat kuliah subuh, aa gym ceramah mengenai cukup hanya 1 istri, dan perlu mempunyai 2 atau lebih, dengan bangganya aa gym mempunyai istri 1 yang sangat di sayangnya..berselang beberapa minngu kemudian.. terdengar gosip bahwa aa mempunyai kekasih dan ingin menikah lagi, yang saya tidak mengerti bagaimana saat dia ceramah mengenai cukup 1 istri.. tapi hatinya kecilnya berkata lain...,ya lelaki ya tetap lelaki seperti kebanyakan... ( bajingan gitu ).

Nashoruddin AsSadanawi said...

gue setuju istri dua, tapi rukun... dong. nafkahi lahir batin

Anonymous said...

dulu suamiku juga ingin menikah lagi, tapi waktu minta ijin sama aku, aku jawab aku belum siap untuk jadi istri pertama, aku sarankan suamiku u/ mencari istri lagi yang siap u/ dijadikan istri pertama agar suamiku bisa menikah 1, 2, 3, 4 asal aku diceraikan. sebab aku wanita biasa yg punya rasa iri dan dengki, dengan suamiku bertambah istri aku takut kalau dosaku semakin bertambah terus. Sebab selama ini suamiku selalu aku layani dengan sangat memuaskan.Aku juga intropeksi kenapa suamiku ingin menikah lagi..mungkin selama ini kurang perhatian.Trus aku tanya dari hati ke hati aku kurang apa sebagai istri, trus suamiku menjawab tidak kurang suatu apapun, hanya suamiku ingin mengikuti Nabi.Memang poligami halal, tapi kalau kita tidak mampu untuk melakukan jangan sekalipun berpikiran untuk mendekatinya... bisa rusak semuanya..Keluarga suami, keluarga istri, anak semua tidak setuju toh selama ini kita hidup rukun. Mudah berkata memang sulit untuk melakukannya......

err said...

barang siapa menutup aib saudaranya [saudara sesama muslim] di dunia, maka Allah akan menutup aibnya kelak di akhirat...

Anonymous said...

jadi ustad harus berani dari awal mengatakan bila hukum islam boleh poligami katakan poligami , jangan diawal ragu ragu mengatakan e dikemudian waktu diri sendiri melakukan maka akan jadi cemoohan.

Anonymous said...

Ya ampun AAAAAA,A, coba istigfar, AA ini public figure (ini tidak boleh ditolak)tapi sudahlah semuanya sdh terlajur, banyak orang kecewa akhirnya sama AA, ditambah lagi Teh Nining minta diceraikan juga,tambah banyak lagi orang yang kecewa, sy pesan kalopun memang sdh bercerai dg Teh Nining AA tetap harus memberikan biaya (pendidikan&hidup)untuk ke 7 anak AA, Ten Nining sabar yach,,,mudah mudahan Alloh Swt, memberikan kekuatan dlm hal ini,dan bisa mendidik anak anak dg baik, hingga Teteh bisa melewatinya dg baik segalanya, AA juga sy doakan mudah mudahan diberi kekuatan oleh Alloh Swt agar tetap bisa berkarya dan diberi kelancaran usaha dan tetap bisa membiayaayi anak anak dengan baik. (ALLOH SWT MAHA PENGAMPUN LAGI MAHA PENYAYANG PADA UMATNYA YG BENAR BENAR BERTAUBAT)

Anonymous said...

Semoga perceraian ini menjadi pelajaran berharga bagi keduanya dan bagi semua orang yang pernah merasakan cerai dalam perkawinannya,istri dan suami harus sama sama mengontrol dan mendinginkan tidak dikalahkan oleh nafsu dan keegoisan..

Anonymous said...

pilih wanita yang mana? yang soleha? yang pintar atur keluarga? atau yang rajin rawat diri?...akhirnya dipilih yang punya payudara montok! oh nafsu, semuanya gak lari kmana, pasti kembali kesitu juga.

Related post