Foto Menguak Cerita Misteri di Ponpes Lirboyo

Pondok Pesantren Lirboyo di Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri terkenal hingga ke sejumlah negara tetangga. Sejumlah cerita mistis ternyata mengiringi perkembangannya, hingga saat ini genap berusia 100 tahun.

Bangunan Masjid Lawang Songo dari bagian serambi kuning. Di dalamnya diyakini dihuni santri dari golongan makhluk halus. Gerbang Masjid Lawang Songo atau gerbang tua. Keberadaannya dipercaya sebagai gerbang pendidikan santri.

Kelopo Kembar (repro), saat masih berdiri di depan Masjid Lawang Songo, sebelum akhirnya didirikan serambi luar. Keberadaannya sempat dipertahankan di atas bangunan serambi, sambi akhirnya ditebag, setelah mati sekitar 5 tahun silam. Sumur tua yang ada di bagian barat Masjid Lawang Songo juga dipercaya memiliki misteri. 

Pondok lama menjadi salah satu lokasi misteri Pondok Pesantren Lirboyo. Terowongan misteri Lirboyo juga dikenal memiliki cerita mistis. Tembok pembatas ini dibangun mengelilingi hampir seluruh bangunan Pondon Pesantren Lirboyo dengan panjang mencapai 70 meter. Di bagian pintu yang dibuat belakangan, dikenal sebagai penghapus segala macam ilmu hitam bagi siapa saja yang melintasinya.

Dan inilah foto-fotonya :









0 comments:

Related post