Foto Kapal Motor Meledak, 2 Orang Tewas

Mesin Kapal Motor (KM) Bintang 28 yang sedang docking di dok PT Dewaruci Agung, Dermaga Nilam barat meledak dan terbakar. Akibatnya 2 orang tewas.Meledaknya Kapal Motor (KM) Bintang 28 memakan korban tiga orang. Dua tewas dan satu orang mengalami luka bakar.

Kebakaran yang terjadi di Kapal Motor (KM) Bintang 28 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/11) diduga berasal dari bagian dapur.

Menurut salah satu saksi mata, Andi, percikan api pertama kali dilihat para anak buah kapal (ABK) di bagian dapur, tepat di dekat kamar mesin. "Informasi dari ABK memang seperti itu. Api muncul dari dapur dan terkena kamar mesin yang memang sedang dilakukan pengelasan," ujar pekerja Dok Dewaruci tersebut.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Yuda Gustawan ketika ditemui di lokasi kejadian belum berani memastikan dari mana api berasal. Pasalnya, petugas Tim Identifikasi dan Labfor dari Polda Jatim masih akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). "Jadi kami belum berani memastikannya. Semua masih menunggu tim labfor yang melakukan olah TKP usai lokasi dipastikan aman," tukasnya.

Langkah awal yang dilakukannya, kata dia, dengan mengevakuasi korban yang terjebak di dalam kamar mesin. Total ada tiga korban dalam peristiwa tersebut, dua diantaranya tewas terbakar dan satu lainnya mengalami luka bakar hingga 90 persen.

Korban luka atas nama Basri, seorang KKM, yang kini dirawat intensif di Rumah Sakit PHC Tanjung Perak. Satu korban tewas atas nama Donny, seorang koki yang kebetulan sedang memasak di dapur. Sedangkan satu korban lainnya sampai saat ini belum teridentifikasi identitasnya. "Identitas korban kami belum mengetahuinya. Saat ini petugas sedang mencari informasi," papar Kasatreskrim Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Setyo Heriyatno.

"Sepertinya korban bukan seorang ABK, sebab dihitung jumlah ABK-nya lengkap. Mungkin orang pencari besi tua yang kebetulan ada di atas kapal," kata salah satu pekerja Dok, Ronald.

Empat kapal pemadam kebakaran dari PT. Pelindo III Tanjung Perak, Cabang Surabaya, selama 1,5 jam berusaha memadamkan si jago merah. Beruntung api tidak merembet di bagian lain.

Sebelumnya, KM Bintang 28 terbakar di Dermaga Nilam Barat, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/11). "Sempat terdengar ledakan dalam kebakaran itu. Orang-orang langsung berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya sampai petugas pemadam datang ke lokasi kejadian," ujar salah satu saksi mata, Budiman, di lokasi kejadian.

Dan inilah foto-fotonya :




0 comments:

Related post