Kebakaran Hutan di Riau

Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kawasan di Riau mulai menibulkan masalah. Di Siak, jarak pandang terbatas, karena diselimuti kabut asap.

Beberapa hari belakangan hingga saat ini, Senin (18/10/10), Kabupaten Siak nyaris ditutupi asap tebal. Entah dari mana asal asap, dari pantauan riauterkini dilapangan bahwa ada beberapa titik lahan masyarakat yang terbakar salah satunya yakni di Jalan Pemda arah menuju ke Kecamatan Koto Gasib. Disepanjang Jalan tersebut terlihat banyak asap dan lahan-lahan masyarakat yang sudah kering.

Kabut asap tersebut cukup mengganggu para pengendara, karena ada beberapa titik harus menyalakan lampu agar kelihatan dengan kendaraan lain yang melintas. Seperti yang dialami riauterkini dilapangan.

Selain itu Keterangan Kepala Badan Lingkungan Hidup (LBH) Siak Nuzirwan Azis kepada riauterkini membenarkan adanya kabut asap tersebut, selain itu ia mengatakan bahwa kabut asap tersebut merupakan kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga yakni Bengkalis. Sementara untuk di Kabupaten Siak sendiri terpantau melalui satelit NOAA hanya ada satu yakni di Kecamatan Pusako.

"Diketahui dari satelit NOAA bahwa kabut asap tersebut merupakan kiriman dari kabupaten Bengkalis, selain itu untuk titik api yang ada di Siak ini hanya ada satu saja yakni di Kecamatan Pusako," terang Nuzirwan Azis.

Sementara adanya hutan dan lahan terbakar di beberapa titik di Jalan Pemda arah ke Koto Gasib tidak terpantau satelit karena kebakaran tersebut termasuk kecil.

Sementara untuk menanggulangi kabut asap tersebut Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Siak Teten hingga saat ini belum bisa dihubungi riauterkini karena no Handpone (HP) nya tidak aktif.



0 comments:

Related post